Tips Cara Edit Foto Macro / Makro dengan Photoshop

tutor

Tips Bagi Para Macro Photographer yang Mengedit Foto Macro Dengan Menggunakan Software Olah Grafis Photoshop

Satu Pertanyaan dasar yang mesti anda jawab nih: dengan menggunakan software apa anda dalam mengedit foto macro untuk diposkan kedalam blog atau di share di fb anda?


Kebanyakan orang - orang akan menanyakan hal seperti itu pada anda, walaupun foto anda tentunya dengan pertama kali membidik objek hingga dipubikasikan di facebook atau di blog merupakan foto asli tanpa editan, ataupun ketika teman anda menggunakan lensa hp yang sama namun hasil foto macro nya berbeda. Tentunya anda menjawab itu asli jepretan saya. Namun alangkah tidak salah juga yah menggunakan aplikasi Photoshop untuk mengedit photo macro.
Ini juga penting Untuk dicatat, bahwa tidak ada kewajiban untuk mengedit foto macro dengan yang saya tutorialkan disini, ini hanya sebagai pemanis saja sebelum anda mengapload foto di media sosial. dan tentunya untuk menutupi bagian cacat di fotogrhapy. Secara pribadi, foto macro yang bagus adalah 50% photo asli 50% bagian editing. bagaimanapun juga, seperti yang saya bilang ini hanya pemanis saja, dan biasanya foto macro adalah untuk menunjukan kualitas ketajamanya.

Bagaimana Cara Untuk Mengedit Foto Macro Dengan Menggunakan Software Photoshop

1. Siapkan Foto Macro.

Silakan siapkan foto macro nya terlebih dahulu bisa dengan menggunakan foto macro anda atau dengan mendowload foto macro seperti di bawah ini.

Lihat juga foto macro lainya disini:

untuk yang belum mengetahui cara pengambilan foto macro dengan menggunakan hp silakan lihat posting di bawah ini:



2. Lalu Crop Bagian Penting.

Tidak semua bagian dalam fotogaphy macro dapat di ambil sebagai bagian penuh detailnya, seperti yang anda lihat pada gambar di bawah ini memerlukan cropping pada bagian muka capung untuk mendapatkan detail yang sangat sempurna. Sehingga nantinya anda akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dan penuh detail macro.
Gambar macro yang belum di crop
Setelah di sorot bagian muka capung tersebut lalu crop dengan photoshop, terserah mau menggunakan metode apapun juga yang penting anda berhasil meng-crop-nya. Lalu bandingkan foto sebelum crop dengan foto macro ang telah di crop seperti dibawah ini.
Foto capung yang telah di crop

3. Resize gambar

Bergantung pada keahlian anda menggunakan photoshop, silakan resize gambarnya sesuai kebutuhan anda, misalnya jika anda berencana menampilkan foto tersebut di website, sebaiknya resize tdak lebih dari 1024 width sehingga tidak teralu lama dalam menampilkanya di blog, atau jika terlalu besar browser pengguna akan menjadi Lag. Namun jika untuk keperluan Printing, sebaiknya jangan di resize.


4. Sharpen Gambar dengan menerapkan mixture of Photoshop’s Lab color mode and the unsharp mask. 

Tutorial ini berada di tutorial selanjutnya yaitu :


Metode ini tidak hanya menajamkan gambar, tetapi juga meningkatkan warna pada foto.


5. Shadows dan Highlights adjustment tool

ini ada didalam tutorial: 


Anda akan menemukan tool adjustment ini meningkatkan detail dengan tambahan shadows and highlight.


6. Terakhir. Photoshop S curves untuk Menambah atau Mengurangi Kontras

Tool S curve membuat bagian tertentu menjadi cerah dan bagian lain menjadi gelap merupakan tool penting. Tool S curve juga dapat dilihat pada tutorial:

2 komentar:

  1. haha keren gan
    kalo saya kenapa ya kalo buat kaya gini ribet amat, jadi terlalu perfek :3
    tapi kalo liat tutor kaya gini boleh lah jadi agak simple'a
    makasih gan

    oya kalo ada waktu kunjungi juga blog saya ya :)
    http://www.situsrpp.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mba, jangan terlalu perfek mba yang penting sih ngga mengubah fto aslinya saja jadi nya supaya terlihat natural

      Delete

Untuk Berkomentar di Blog ini, silahkan berkomentar dengan rapi, pertanyaan baru sekaligus tertib, supaya enak dibaca oleh kita semua.. karena dengan pertanyaan baru akan dapat menambah pengetahuan kita akan hal-hal yang belum kita ketahui..


do not Spamming

 

2013 © Berkelana Ke Dunia Mikroskopik

Designed by | Irsah inDesigns Copyright © 2013